METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA XXIII BULUKERTO

Supriyati, Anik (2024) METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA XXIII BULUKERTO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
surat unggah karya.pdf

Download (307kB)
[img] Text (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (905kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi Anik S edited BAHAN REV 1 GAB WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anik Supriyati. Metode Keteladanan dan Pembiasaan sebagai Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Anak Usia Dini di RA Perwanida XXIII Bulukerto. Pembimbing 1: Dr. Syarifan Nurjan, MAPembimbing 2: Muhammad „Azam Muttaqin, M.Pd. Skripsi ini membahas mengenai pembentukan karakter tanggung jawab anak melalui metode keteladanan dan pembiasaan di RA Perwanida XXIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan metode keteladanan dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak usia dini di RA Perwanida XXIII Bulukerto; 2) Bagaimana penerapan metode pembiasaandalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak usia dini di RA Perwanida XXIII Bulukerto; 3) Bagaimana hasil metode keteladanan dan pembiasaan guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak usia dini di RA Perwanida XXIII Bulukerto.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data,dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode keteladanan yang ditunjukkan guru kepada siswa dalam membentuk karakter tanggung jawab yaitu memberikan keteladanan secara langsung dan tidak langsung, penerapan metode pembiasaan yang dilakukan secara rutin dan spontan serta hasil dari penanaman karakter tanggung jawab anak dapat dilihat dari 3 aspek yaitu tanggung jawab pribadi, tanggung jawab moral dan tanggung jawab social.Pembentukan karakter tanggung jawab anak dilakukan guru dengan caramemberikan keteladanan dan pembiasaan secara optimal, mayoritas anak sudah menunjukan tanggung jawabnya dengan baik, namun ada beberapa anak yangbelum mampu melaksanakan tanggung jawab sepenuhnya dengan baik. Faktor pendukung penerapan metode keteladanan dan pembiasaan dalam membentuk karakter tanggung jawab anak yaitu adanya kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah, adapun faktor penghambat adanya anak yang berkebutuhan khusus dikelas yang membutuhkan perhatian lebih, pemahaman orang tua yang kurangtentang pendidikan karakter dan kesibukan orang tua sehingga kurangnya komunikasi. Untuk peningkatan pembentukan karakter tanggung jawab anak melalui metode keteladanan dan pembiasaan disarankan kepada guru dan orang tua agar tetap mempertimbangkan keteladanan dan pembiasaan yang ditunjukkan dan diajarkan kepada anak usia dini disekolah dan dirumah serta tetap harus sejalan antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak. Kata Kunci: Karakter, Tanggung Jawab, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: karakter tanggung jawab anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:17
Last Modified: 26 Mar 2024 02:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13754

Actions (login required)

View Item View Item