PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI ERA DIGITAL DI DESA TEMON KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2024

Sunarji, Sunarji (2024) PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI ERA DIGITAL DI DESA TEMON KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2024. PENINGKATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI ERA DIGITAL DI DESA TEMON KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2024. (Unpublished)

[img] Text (SURAT PERNYATAAN UNGGAH KARYA)
Sunarji Pernyataan unggah karya.pdf

Download (655kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan..pdf

Download (1MB)
[img] Text (DISKRIPSI HAKI)
Diskripsi HAKI..pdf

Download (1MB)
[img] Text (HAKI FULL TEXT)
Haki Full Text. ..pdf

Download (5MB)
[img] Text (SERTIFIKAT HAKI)
Sunarji sertifikat_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zaman semakin maju, tuntutan semakin banyak,perangkat Desa sebagai garda terdepan sebagai pelaksana Pembangunan paling bawah sangat perlu peningkatan SDM agar mampu beradaptasi dan mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga pelayanan public ditingkat Desa di era digital lebih baik dan lebih meningkat. Dalam hal ini terdapat dua tantangan pelayanan publik di Desa Temon yaitu tantangan insfrastruktur yaitu insfrastruktur digital yang dapat mendukung pelayanan public, di antaranya ketersediaan jaringan internet yang cukup memadai, menu informasi Desa yang mudah di akses. Tantangan berikutnya adalah SDM, yaitu kemampuan literasi warga dalam memanfaatkan media sosial, media digital untuk mengakses berbagai informasi dan pelayanan publik. Dalam proses peningkatan kapasitas SDM yang dilakukan oleh pemerintah Desa Temon sudah baik walaupun banyak kendala, akan tetapi banyak usaha yang telah dilakukan untuk peningkatan kapasitas SDM Perangkat Desa Temon Sawoo Ponorogo. Langkah - langkah konkrit yang dilakukan pemerintah Desa Temon adalah mengikuti serta menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimbingan teknis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengikuti program Desa Digital(smart Village), melaksanakan publikasi kegiatan Desa, mengikuti kegiatan paralegal Desa di Kabupaten Malang Tahun 2023, menyelenggarakan peningkatan UMKM, membuat web Desa. Bahwa dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pelayanan publik perlu mendapatkan perhatian kusus, karena sudah menjadi sebuah tuntutan dengan perputaran perkembangan zaman yang semakin maju, Untuk bisa meningkatkan pelayanan publik di era digital sangat dibutuhkan peningkatan SDM dan Sumber Daya Dukung lainya, seperti alat dan jaringan internet untuk mengakses semua informasi di media sosial. Kata Kunci : Era Digital, Pelayanan Publik, Peningkatan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Era Digital, Pelayanan Publik, Peningkatan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:07
Last Modified: 23 Apr 2024 06:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13861

Actions (login required)

View Item View Item