PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDI PEKERTI PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK (B) DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUDAK KULON TAHUN PELAJARAN 2014/2015

UTAMI, SRI (2015) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDI PEKERTI PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK (B) DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUDAK KULON TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Budi Pekerti, Taman Kanak-kanak Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karena selain berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik, guru juga dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya. Peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses perkembangan diri, bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Budi pekerti yaitu kesadaran yang ditampilkan oleh seseorang dalam berperilaku. Pendidikan Taman Kanak-kanak yang sering disebut TK merupakan salah satu bentuk PAUD pendidikan anak usia dini yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana peran Guru dalam menanamkan nilai budi pekerti pada siswa taman kanak-kanak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon? 2. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran guru dalam menanamkan nilai budi pekerti pada siswa taman kanak-kanak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon? Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian: 1. Kepala Sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon, 2. Guru di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon, 3. Wali Murid di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil data wawancara.Hasil penelitian ini adalah peran yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai budi pekerti Pada Siswa Taman Kanak-kanak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Pudak Kulon sudah baik Dilihat dari pada saat mengawali pembelajaran dengan berbaris, menyanyi, berdoa, mengaji, absensi serta bercakap-cakap seputar tema yang akan diajarkan dan pemberian tugas. Di sini sebelum memulai pembelajaran guru sudah mempersiapkan rencana kegiatan harian (RKH) tujuannya yaitu agar setiap harinya pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar sesuai tujuan yang telah direncanakan. Sedangkan faktor pendukungnya salah satunya dilihat dari sarana dan prasarana yang ada didekolah. Dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada anak dan kurangnya kerjasama antara orang tua dan guru. Maka saran yang dapat peneliti berikan adalah sekolah diharapkan dapat meningkatkan pola penanaman nilai-nilai moral serta meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah untuk meningkatkan kemajuan perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 04:47
Last Modified: 18 Nov 2015 04:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item