IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Pada Ekstrakurikuler Karawitan Di SDN 2 Mrayan Kec Ngrayun Kab Ponorogo)

MELIA PUSPITASARI, SEVI (2015) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN CINTA TANAH AIR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Pada Ekstrakurikuler Karawitan Di SDN 2 Mrayan Kec Ngrayun Kab Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler, Cinta Tanah Air, Siswa Sekolah Dasar Akibat dari perkembangan globalisasi pada generasi muda adalah mulai lunturnya kecintaan terhadap kesenian tradisonal. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka generasi muda khususnya anak-anak akan asing pada kebudayaan tradisional yang merupakan kebudayaan asli Indonesia dan akan mudah terpengaruh oleh budaya asing yang dapat melunturkan rasa cinta tanah air. Menanggapi permasalahan tersebut harus ada penanaman rasa cinta tanah air sejak usia dini . Salah satu cara memperkenalkan kebudayaan pada anak usia dini bisa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler Karawitan merupakan budaya asli Indonesia sehingga anak akan mengenal budaya asli Indonesia. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah: Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler karawitan dalam meningkatkan cinta tanah air di SD Negeri 2 Mrayan dan apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler karawitan serta bagaimana bentuk perilaku cinta tanah air siswa yang tercermin dari kegiatan ekstrakurikuler karawitan dilingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunkan pendekatan kualitatif. Subjek Peneliti: Kepala sekolah SD Negeri 2 Mrayan, Guru pelatih karawitan, Guru wali kelas V, Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri 2 Mrayan. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara.Hasil penelitian ini yaitu implementasi kegiatan ekstrakurikuler karawitan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan cinta tanah air pada siswa sekolah dasar. Dengan cara mengenalkan seni budaya kepada siswa. Pelaksanaanya melalui pembiasaan dan keteladanan sedangkan proses pembelajaranya sudah sesuai dengan komponenkomponen pembelajaran diantaranya tujuan pembelajaran, media pembelajaran, metode, evaluasi. Adapun faktor pendukung dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler karawitan adalah sudah adanya sarana dan prasarana sedangkan faktor penghambat adalah perbedaan kemampuan siswa dalam menerima materi, serta jumlah pelatih karawitan yang tidak sebanding dengan jumlah siswa. Bentuk perilaku cinta tanah air siswa yang tercermin dari kegiatan ekstrakurikuler karawitan adalah perilaku disiplin, perilaku kebersamaan serta bangga menjadi bangsa Indonesia diwujudkan dengan mempelajari, mencintai dan melestarikan budaya Indonesia. Maka saran yang dapat peneliti berikan adalah sekolah diharapkan bisa menambah jumlah pelatih agar pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan dapat berjalan dengan maksimal dan maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 05:07
Last Modified: 18 Nov 2015 05:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item