SUSILOWATI, SUSILOWATI (2015) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SLAHUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Image
lembar pengesahan.jpg Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (44kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Intensitas Penggunaan Facebook, Prestasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat populer banyak diminati dan digemari oleh semua banyak kalangan, terutama bagi siswa. Jejaring sosial ini mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif . Oleh sebab itu tentu akan memengaruhi terhadap prestasi belajarnya. Dengan mereka membuka Facebook secara terus-menerus akan berpengaruh positif terhadap prestasinya atau sebaliknya, terutama pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang dibahas adalah Bagaimana intensitas penggunaan facebook pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung? Dan Bagaimana pengaruh intensitas penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan facebookPada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung. Dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Slahung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Slahung Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 135 anak. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV maka simpulan dalam penelitian ini adalah Intensitas penggunaan facebook siswa di SMA Negeri 1 Slahung terdiri dari 3 (tiga) kategori, yaitu: intensitas penggunaan facebook yang tinggi sebanyak 7 siswa (20,59%), intensitas penggunaan facebook yang sedang sebanyak 21 siswa (61,76%), dan intensitas penggunaan facebook yang rendah sebanyak 6 orang (17,65%).Intensitas penggunaan facebook berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Ppkn siswa di SMA Negeri 1 Slahung. Namun, pengaruh yang diberikan bersifat negatif karena nilai koefesien variabel intensitas penggunaan facebook adalah -0,263. Pengaruh negatif atau tidak searah artinya jika terjadi peningkatan intensitas penggunaan facebook maka prestasi belajar Ppkn siswa SMA Negeri 1 Slahung mengalami penurunan. Persentase sumbangsih pengaruh intensitas penggunaan facebook terhadap prestasi belajar Ppkn sebesar 20,2%. Sedangkan sisanya sebesar 79,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Nov 2015 02:55 |
Last Modified: | 19 Nov 2015 02:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1399 |
Actions (login required)
View Item |