Yuli Purwanti, Ratna (2015) ANALISIS PERAN GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DI SMPN 1 TULAKAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
||
Text
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
|
Text
ARTIKEL.RATNA YULIP.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru, Hasil Belajar Guru dalam konteks pendidikan mempunyai peranan yang besar dan strategis. Hal ini disebabkan gurulah yang berada di barisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang dibahas adalah peran guru PPKn dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 1 Tulakan Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2014/2015 dan faktor pendukung dan penghambat peran guru PPKn dalam proses meningkatkan hasil belajar PPKn siswa di SMPN 1 Tulakan Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tulakan Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan.Sumber data adalah guru PPKn SMPN 1 Tulakan, kepala sekolah dan siswa Kelas VII dan VIII. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV maka simpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa terbukti pada ulangan harian pertama dengan rata-rata 77,08 menjadi 79,14 pada kelas VII dan untuk kelas VIII dengan rata-rata 66,86 menjadi 71,25. Karena pada awal-awal pembelajaran guru belum berperan aktif dalam pembelajaran dan perannya lebih kepada memberi motivasi dan inspirasi pada siswa. Sedangkan untuk kompetensi guru masih belum memuaskan, masih banyak kekurangan diberbagai peranannya. Untuk peran guru yang mengajar kelas VII tergolong baik, itu terlihat dari proses penyampaian materi dan perannya dalam peningkatan hasil belajar tapi masih ada juga yang kurang maksimal. Untuk peran yang sudah dimiliki guru adalah peran sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, demonstrator, motivator, inspirator, korektor, informator, organisator, pengelola kelas dan evaluator. Dan yang masih kurang dan perlu di tingkatkan lagi adalah peranan guru sebagai supervisor, pelatih, mediator dan fasilitator. Untuk guru yang mengajar kelas VIII peran yang cukup baik adalah peran sebagai pembimbing, motivator, inspirator, korektor, organisator, dan evaluator. Sedangkan yang perlu ditingkatkan lagi adalah peran sebagai pendidik, pengajar, demonstrator, pelatih, informator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan supervisor. Untuk faktor pendukung guru PPKn dalam proses meningkatkan hasil belajar PPKn yakni kreatifitas guru yang mengajar, manajerial kepala sekolah, suasana atau kondisi dalam kelas, dan peserta didik yang mudah diatur. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor yang terdapat di dalam guru itu sendiri, kurang kreatifnya siswa dalam pembelajaran, minat siswa yang masih kurang, kemampuan siswa yang berbeda-beda, kenakalan siswa, keluarga, sarana prasarana dan media yang disediakan guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Nov 2015 03:19 |
Last Modified: | 19 Nov 2015 03:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1400 |
Actions (login required)
View Item |