PENGARUH NILAI-NILAI SOSIAL, PELATIHAN PROFESIONAL, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO DALAM BERKARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK

Putri, Elfita Nur Agustina Putri (2024) PENGARUH NILAI-NILAI SOSIAL, PELATIHAN PROFESIONAL, DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO DALAM BERKARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (137kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (737kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai mahasiswa Akuntansi pada jenjang S1, pasti memiliki rencana atau pemikiran mengenai jenjang kariernya yang sesuai di bidangnya yaitu sebagai Akuntan di masa mendatang. Terdapat beberapa pilihan yang dapat di tempuh sebagai Akuntan, seperti Akuntan Pemerintah, Akuntan Pendidik, Akuntan Perusahaan, dan Akuntan Publik. Berprofesi sebagai Akuntan Publik merupakan profesi yang paling menjanjikan, namun demikian ada beberapa persyaratan sebagai Akuntan Publik yakni, calon Akuntan wajib mendapatkan gelar Akuntansi melalui Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dan mereka harus lulus serangkaian tes yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai sosial, pelatihan profesional, dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa S1 Akuntansi dalam berkarier sebagai Akuntan Publik secara parsial maupun simultan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa S1 Akuntansi tahun angkatan 2019/2020, 2020/2021, dan 2021/2022 di Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang sudah menempuh mata kuliah Pengauditan 1&2 dengan jumlah 166. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, di mana semua populasi dijadikan sampel sebanyak 166 mahasiswa. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner secara tertutup. Metode pengumpulan data dengan memberikan kuesioner secara online dalam bentuk link google form dan secara offline dengan membagikan langsung kepada responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 21. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data dari data dan uji hipotesis baik secara parsial dan simultan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa hipotesis pertama variabel nilai-nilai sosial memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa Akuntansi dalam berkarier sebagai Akuntan Publik. Hipotesis kedua pada variabel pelatihan profesional tidak memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa Akuntansi dalam berkarier sebagai Akuntan Publik. Hipotesis ketiga membuktikan bahwa variabel pertimbangan pasar kerja memiliki pengaruh terhadap mahasiswa Akuntansi dalam berkarier sebagai Akuntan Publik. Hasil hipotesis keempat menunjukkan bahwa secara simultan nilai-nilai sosial, pelatihan profesional, dan pertimbangan pasar kerja memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa Akuntansi dalam berkarier sebagai Akuntan Publik dengan tingkat determinasi relatif kecil yaitu 31,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntan Publik, Nilai-Nilai Sosial, Pelatihan Profesional, Pertimbangan Pasar Kerja, Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Berkarier Sebagai Akuntan Publik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:48
Last Modified: 26 Jul 2024 06:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item View Item