Pengaruh Edukasi Heimlich Manuver pada Anak dengan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Orang Tua dalam Penanganan Tersedak (Choking)

Hafsarini, Apdha Triwulan (2024) Pengaruh Edukasi Heimlich Manuver pada Anak dengan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Orang Tua dalam Penanganan Tersedak (Choking). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (150kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (982kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (967kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGARUH EDUKASI HEIMLICH MANUVER PADA ANAK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN TERSEDAK Di TK Asyiyah Kauman Ponorogo Apdha Triwulan Hafsarini Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo E-mail.com : Apdhatri@gmail.com Tersedak merupakan fenomena kegawatdaruratan yang dapat mengancam jiwa sehingga pemberian edukasi terkait penanganan tersedak dengan Heimlich Manuver dibutuhkan oleh orang tua yang memiliki seorang anak kecil. Diharapkan setelah dilakukannya edukasi dengan menggunakan media audiovisual ini, keterampilan orang tua dalam penanganan tersedak dengan teknik Heimlich Manuver dapat meningkat. Tujuan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi Heimlich Manuver pada anak dengan media aiduovisual terhadap keterampilan orang tua dalam penanganan tersedak di TK Asyiyah Kauman Ponorogo. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian one group pretest-postest serta menggunakan populasi penelitian wali murid di TK Asyiyah kauman Ponorogo sebanyak 38 orang. Dalam pengambilan sampling menggunakan porposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 20 responden. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji wilcoxon sign rank test dengan tingkat signinfikasi <0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebelum intervensi Edukasi Heimlich Manuver kepada wali murid di TK Asyiyah Kauman Ponorogo, sebanyak 20 responden kurang terampil. Dan setelah intervensi dilakukan, sebanyak 10 responden dikatakan cukup terampil dan 10 responden dalam keterampilan baik. hasil uji wilcoxon sign rank test di dapatkan p value 0,000 sehingga H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Edukasi Heimlich Manuver dengan media audiovisual dapat mempengaruhi keterampilan Wali Murid. Dalam hal ini untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan media lain agar terlaksananya pendidikan kesehatan lebih bervariasi serta dapat menambah variabel yang ada. Kata kunci : Edukasi, Heimlich Manuver, Keterampilan Orang Tua. THE EFFECT OF HEIMLICH MANUVER EDUCATION IN CHILDREN USING AUDIOVISUAL MEDIA ON PARENTS' SKILLS IN HANDLING CHOKING At Asyiyah Kauman Ponorogo Kindergarten Apdha Triwulan Hafsarini Faculty of Health Sciences, Muhammadiyah University of Ponorogo E-mail.com : Apdhatri@gmail.com Choking is an emergency phenomenon that can be life-threatening, so providing education regarding handling choking with the Heimlich Maneuver is needed by parents who have small children. It is hoped that after providing education using audiovisual media, parents' skills in handling choking using the Heimlich Maneuver technique can improve. The aim of this research was to determine the effect of Heimlich Maneuver education for children using aiduovisual media on parents' skills in handling choking at the Asyiyah Kauman Ponorogo Kindergarten. The research design used was a quasi experiment with a one group pretest-posttest research design and used a research population of 38 parents at TK Asyiyah Kauman Ponorogo. In sampling, we used proportional sampling and a sample of 20 respondents was obtained. Meanwhile, to analyze the data using the Wilcoxon sign rank test with a significance level of <0.05. The research results showed that before the Heimlich Maneuver Education intervention for parents at the Asyiyah Kauman Ponorogo Kindergarten, as many as 20 respondents lacked skills. And after the intervention was carried out, 10 respondents were said to be quite skilled and 10 respondents had good skills. the results of the Wilcoxon sign rank test obtained a p value of 0.000 so that H1 was accepted. The conclusion from this research is that Heimlich Maneuver Education with audiovisual media can influence the skills of student parents. In this case, further research can use other media so that the implementation of health education is more varied and can add existing variables. Keywords: Education, Heimlich Maneuver, Parental Skills.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Heimlich Manuver, Keterampilan Orang Tua. Education, Heimlich Maneuver, Parental Skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing S1
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:18
Last Modified: 29 Jul 2024 04:18
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

View Item View Item