PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 3 NGUNUT PONOROGO

Hasanah, Rohana (2024) PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 3 NGUNUT PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (912kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Setiap anak memiliki kemampuan masing-masing dalam hal membaca, kemampuan daya baca yang menurun menjadikan minat siswa dalam membaca juga menurun. Hal ini dibuktikan, siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Ngunut Ponorogo lebih senang bermain ketika terdapat waktu luang di sekolah daripada pergi ke perpustakaan atau mengunjungi fasilitas baca. Sehingga, sekolah menerapkan program gerakan literasi sekolah dalam mendukung peningkatan literasi dan minat siswa dalam membaca. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Karena, metode ini merupakan metode yang bersifat alamiah dalam sebuah penelitian. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Ngunut Ponorogo dengan populasi 146 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik startified sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 63 siswa. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini Uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa nilai korealasi (R) sebesar 0,663, sedangkan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,440 yang menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh sebesar 44% terhadap variabel Y. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa sebesar 44% dan 56% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi, Membaca, Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:26
Last Modified: 16 Aug 2024 03:26
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item