PENGARUH VARIASI JUMLAH LUBANG PIRINGAN CAKRAM TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA MOTOR CB150R

Budi, Bagus Fernanda Setia (2024) PENGARUH VARIASI JUMLAH LUBANG PIRINGAN CAKRAM TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA MOTOR CB150R. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (616kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (998kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (995kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Piringan cakram merupakan salah satu komponen utama pada sistem rem cakram yang biasanya digunakan pada kendaraan roda empat maupun roda dua. Pada piringan cakram sepeda motor terdapat lubang-lubang di permukaanya, fungsi sebagai aliran udara untuk membantu pendinginan akibat gesekan antara kampas rem dengan permukaan cakram yang berakibat kenaikan temperatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah lubang piringan cakram terhadap distribusi temperatur permukaannya dengan memvariasikan jumlah lubang piringan cakram yaitu 50, 60 dan 70 lubang. Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan mengukur temperatur piringan cakram menggunakan temperatur gun pada lima titik permukaan piringan cakram yang berbeda dan diulang sebanyak tiga kali. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa temperatur terendah terjadi pada 70 lubang dengan nilai rata-rata 33,92℃., lebih rendah 2,06℃ dibandingkan dengan 60 lubang dan 5℃ dibandingkan dengan 50 lubang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa piringan cakram dengan 70 lubang memiliki efisien distribusi temperatur lebih baik daripada dua variasi lainnya. Pada variasi 50 lubang memiliki nilai rata-rata di lima permukaan temperaturnya yaitu, 38,5 ℃., 39,1 ℃., 39,8 ℃., 39,6 ℃ dan 37,6 ℃. Untuk variasi 60 lubang menghasilkan rata-rata temperatur 35,8 ℃., 35,5 ℃., 36 ℃., 36,2 ℃ dan 36,4 ℃. Sedangkan variasi 70 lubang memiliki rata-rata temperatur 34 ℃., 34,5 ℃., 34,2℃., 33,4 ℃ dan 33,5 ℃. Penelitian ini bermanfaat untuk berkontribusi dalam dunia industri otomotif sebagai tinjauan sistem pengereman

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, Jumlah Lubang, Piringan Cakram, Distribusi Temperatur
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:47
Last Modified: 23 Aug 2024 05:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item