PENGARUH VARIASI JUMLAH LUBANG PIRINGAN CAKRAM TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA MOTOR CB150R



Budi, Bagus Fernanda Setia (2024) PENGARUH VARIASI JUMLAH LUBANG PIRINGAN CAKRAM TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA MOTOR CB150R. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Piringan cakram merupakan salah satu komponen utama pada sistem rem
cakram yang biasanya digunakan pada kendaraan roda empat maupun roda dua.
Pada piringan cakram sepeda motor terdapat lubang-lubang di permukaanya, fungsi
sebagai aliran udara untuk membantu pendinginan akibat gesekan antara kampas
rem dengan permukaan cakram yang berakibat kenaikan temperatur. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah lubang piringan cakram terhadap
distribusi temperatur permukaannya dengan memvariasikan jumlah lubang
piringan cakram yaitu 50, 60 dan 70 lubang. Penelitian dilakukan secara eksperimen
dengan mengukur temperatur piringan cakram menggunakan temperatur gun pada
lima titik permukaan piringan cakram yang berbeda dan diulang sebanyak tiga kali.
Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa temperatur terendah terjadi pada 70
lubang dengan nilai rata-rata 33,92℃., lebih rendah 2,06℃ dibandingkan dengan
60 lubang dan 5℃ dibandingkan dengan 50 lubang. Dari hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa piringan cakram dengan 70 lubang memiliki efisien
distribusi temperatur lebih baik daripada dua variasi lainnya. Pada variasi 50 lubang
memiliki nilai rata-rata di lima permukaan temperaturnya yaitu, 38,5 ℃., 39,1 ℃.,
39,8 ℃., 39,6 ℃ dan 37,6 ℃. Untuk variasi 60 lubang menghasilkan rata-rata
temperatur 35,8 ℃., 35,5 ℃., 36 ℃., 36,2 ℃ dan 36,4 ℃. Sedangkan variasi 70
lubang memiliki rata-rata temperatur 34 ℃., 34,5 ℃., 34,2℃., 33,4 ℃ dan 33,5 ℃.
Penelitian ini bermanfaat untuk berkontribusi dalam dunia industri otomotif sebagai
tinjauan sistem pengereman

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, Jumlah Lubang, Piringan Cakram, Distribusi Temperatur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Machine Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:47
Last Modified: 06 Jan 2025 01:49
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item