PERBANDINGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN JIGSAW

DEWI FERDIWATI, YURIKHA (2015) PERBANDINGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN JIGSAW. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas X SMKN 1 Ponorogo, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika. Terlihat dari hasil ulangan harian hanya sekitar 60% siswa yang mampu mencapai ketuntasan dalam menyelesaikan soal statistika. Kesulitan yang dihadapi siswa dapat disebabkan dari faktor dalam maupun faktor luar siswa. Faktor dari dalam diri siswa antara lain minat, bakat, kecerdasan, dan motivasi. Sedangkan faktor dari luar siswa salah satunya adalah kurang tepat guru dalam menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran matematika di kelas selama ini masih berpusat pada guru dan siswa kurang berperan aktif di dalamnya, sehingga tujuan pembelajaran serta kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa banyak dipengaruhi oleh guru. Sejalan dengan hal tersebut, kurikulum yang berlaku saat ini menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif siswa dalam kerjasama antar siswa dalam proses belajar mengajar. Ada beberapa tipe model pembelajaran kooperatif di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan hasil belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas X AK SMKN 1 Ponorogo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel acak. Kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen 1 atau kelas Think Pair Share dan kelas X AK 3 sebagai kelas eksperimen 2 atau kelas Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar matematika, tes hasil belajar matematika serta dokumentasi dari nilai ulangan semester 1. Pengujian hipotesis menggunakan uji – t.Berdasarkan penghitungan uji hipotesis data minat belajar diperoleh t observasi -2,36799 dan t tabel 1,990847. Sehingga t observasi berada pada daerah kritis, pada rataan yang diperoleh untuk rataan minat belajar dengan model pembelajaran TPS adalah 107,625 sedangkan rataan minat belajar dengan model pembelajaran Jigsaw adalah 109,375. Berdasarkan rataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada minat belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TPS. Pengujian hipotesis data hasil belajar siswa diperoleh t observasi -11,4451 dan t tabel 1,990847. Jadi, t observasi berada pada daerah kritis yang berarti hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif TPS berbeda dengan hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw. Terlihat pada rataannya, hasil belajar matematika kelas TPS adalah 76,375 sedangkan hasil belajar matematika kelas Jigsaw adalah 79,875. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS. Kata kunci: Think Pair Share, Jigsaw, Hasil belajar, Minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 12 Dec 2015 02:58
Last Modified: 12 Dec 2015 02:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item