KORELASI ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO WONOGIRI

PUTRI ROMADHANI, RETNO (2015) KORELASI ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BATURETNO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan peranan penting bagi kehidupan seseorang. Melalui pendidikan, seseorang dapat memperoleh pengetahuan. Inti dari kegiatan pendidikan dicapai melalui proses belajar. Belajar selalu mempunyai hubungan dengan perubahan. Baik yang meliputi keseluruhan tingkah laku maupun yang hanya terjadi pada aspek kepribadian. Sebagai orang tua, mereka harus berbuat sesuatu untuk mengembangkan diri si anak kearah yang lebih baik. Orang tua tanggung jawab dalam membimbing anak, agar proses belajar tetap berlangsung dengan terarah. Untuk mencapai prestasi yang diharapkan, seorang anak membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan menyayangi apa yang dipelajarinya. Di sini orang tua sangat berperan dalam menciptakan suasana yang dapat mendorong anak senang belajar sehingga prestasi anak tersebut meningkat. Orang tua dapat mendampingi anak dengan menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan. Permasalahan yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah untuk mengenal, dan memahami korelasi antara kualitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara orang tua dengan anak dalam meningkatkan motivasi belajar anak.Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptif. Pengumpulan data melalui metode angket, data primer, metode observasi dan data sekunder. Dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa menganalisa data dengan menggunakan rumus Chi Square dapat mengetahui betapa pentingnya “Korelasi antara kualitas komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap motivasi belajar anak di SMK Muhammadiyah 1 Baturetno Wonogiri”. Kata kunci : Kualitas Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Motivasi Belajar Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 12 Dec 2015 03:48
Last Modified: 12 Dec 2015 03:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item