Wahyu Widi Purnama, Rizky (2015) MODEL PENDIDIKAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN BIOGRAFI PENULIS.pdf Download (501kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pendidikan, Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Dalam kehidupan bermasyarakat manusia tidak bisa lepas dari sebuah ilmu agama untuk memenuhi kebutuhan spiritualnya. Dalam mencari kebutuhan spiritual tersebut, banyak metode yang bisa digunakan oleh individu seperti metode dakwah. Salah satunya adalah dakwah yang di implementasikan melalui metode pembelajaran AIK di instansi pendidikan Muhammadiyah. Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) sendiri memiliki arti ilmu pengetahuan tentang islam yang meliputi berbagai aspek keilmuan, diantaranya Al-Qur’an, Al-Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, serta Kemuhammadiyahan. AIK memegang peranan yang sangat penting untuk membentuk insan akademis yang bersusila, berkarakter dan berkepribadian muslim (learning to be). Karena itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan mata kuliah AIK ini yang paling pokok adalah terletak pada perubahan sikap (attitude), mental dan tingkah laku personal atu individu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model AIK, hasil, kekurangan, serta kelebihan pembelajaran AIK di Universitas Muhammadiyah ponorogo.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tringaluasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam pengimplementasian AIK sudah berjalan dengan baik sesuai dengan. Akan tetapi hal tersebut tidak lepas dari problematika di berbagai aspek yang menghambat berkembangnya AIK. Diantaranya adalah AIK belum di desain secara baik sehingga belum relevan dengan visi pendidikan Muhammadiyah. Aspek lain yang juga berpengaruh pada AIK adalah pihak institusi yang belum memiliki komitmen penuh terhadap AIK itu sendiri dan kurangnya tenaga pendidik profesional, serta faktor dari mahasiswa sendiri yang kurang memiliki kesadaran akan pentingnya AIK. Dari beberapa kendala tersebut, instansi yang memiliki wewenang harus lebih memprioritaskan AIK pada posisi yang penting dalam pembelajaran sehingga AIK di instansi Muhammadiyah menjadi faktor yang penting bagi mahasiswa dan pihak yang terkait. Mahasiswa sendiri harus diberikan motivasi yang baik guna untuk memenuhi dan memiliki kebutuhan pengembaangan diri melalui pendidikan AIK tersebut. Serta dari berbagai pihak terkait, harus mengusulkan pedoman pendidikan AIK yang komprehensif guna mencapai tujuan pendidikaan Muhammadiyah yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 02:15 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 02:15 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1653 |
Actions (login required)
View Item |