IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KERTAS BERPETAK PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT DI KELAS VIIF SMP NEGERI 2 BALONG TAHUN AJARAN 2014/2015

NURKAYATI, NURKAYATI (2015) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KERTAS BERPETAK PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT DI KELAS VIIF SMP NEGERI 2 BALONG TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Model Discovery Learning, Kertas Berpetak, Hasil belajar. Latar belakang dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan di sekolah kurang bervariasi, siswa kurang termotivasi untuk belajar matematika, siswa masih suka bermain sendiri saat diajar dan hasil belajar matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 kecamatan Balong pada pokok bahasan Segitiga dan Segiempat dengan pembelajaran model Discovery Learning menggunakan media kertas berpetak. Peningkatan motivasi dapat diketahui melalui hasil angket pra siklus dan pasca siklus, Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil belajar pada setiap siklusnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIF SMP Negeri 2 kecamatan Balong. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model discovery learning menggunakan media kertas berpetak. Berdasarkan hasil observasi angket motivasi belajar siswa dengan kriteria baik sekali mengalami peningkatan dari 6,25% menjadi 25%. Sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan, siklus pertama 65,63% siswa menjadi 93,75% siswa dengan hasil belajar lebih dari sama dengan 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Dec 2015 04:14
Last Modified: 19 Dec 2015 04:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item