WIDANARKO, DENI (2014) PERAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SDIT DARUL FALAH SUMBERJO SUKOREJO TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Abstrak & BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
Abstract
Sekolah adalah tempat berlangsungnya proses pendidikan sekaligus merupakan wadah melanjutkan pendidikan anak dari lingkungan keluarga. Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam. Selain itu juga pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui penerapan manajemen pembelajaran kelas 2 di SDIT Darul Falah. (2)Untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar para siswa kelas 2 di SDIT Darul Falah. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2A SDIT Darul Falah Sumberejo, Sukorejo, Ponorogo, sejumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kualititatif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkait manajemen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dianalisis secara kualititatif dengan pendekatan survei. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran kelas 2 yang diterapkan dalam meningkatkan (1) Hasil belajar di SDIT Darul Falah, meliputi: perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, pemilihan sumber belajar/media pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. (2)Usaha-usaha yang dilakukan oleh para guru dalam manajemen pembelajaran terkait dengan peningkatan hasil belajar di SDIT Darul Falah Sukorejo, adalah menentukan target pencapaian hasil pembelajaran untuk semua mata pelajaran, meninggikan target pencapaian hasil belajar dengan cara meninngikan KKM tiap-tiap mata pelajaran, dan mengefektifkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 05:38 |
Last Modified: | 10 Apr 2014 05:40 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/178 |
Actions (login required)
View Item |