RESA KRISMASARI, ELVIRA (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ALJABAR UNTUK SMP/MTs DENGAN MENYISIPKAN NILAI SIKAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
MODUL.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Latar belakang penelitian ini adalah (1)Banyaknya peserta didik yang kesulitan memahami pelajaran matematika, khusunya aljabar, bahkan dalam konsep tingkat dasar. (2)Bervariasinya kemampuan peserta didik, sehingga diperlukan media pembelajaran yang mampu membantu mereka belajar secara mandiri, (3)Perlunya penanaman beberapa sikap positif sebagai kepribadian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran berupa modul matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi aljabar untuk SMP/MTs, (2)Mengetahui kualitas modul berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, (3)Mengetahui keefektifan penggunaan modul berdasarkan uji coba pada peserta didik, (4) Mengetahui tanggapan peserta didik terhadap beberapa kalimat motivasi yang disispkan pada modul. Prosedur penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). (1)Tahap analisis merupakan analisis kebutuhan yang meliputi analisis permasalahan peserta didik dalam pembelajaran, analisis bahan ajar, dan analisis kurikulum, (2)Tahap desain merupakan tahap perancangan spesifikasi modul, (3)Tahap pengembangan meliputi penyusunan draf modul secara lengkap, validasi modul, analisis hasil validasi, dan revisi modul, (4)Tahap implementasi dengan uji coba modul pada 15 peserta didik dari, 9 peserta didik dari SMPN 1 Ponorogo dan 6 Peserta didik dari SMPN 1 Jetis yang mana mereka diminta mengikuti petunjuk yang ditulis pada modul, kemudian menyelesaikan tes evaluasi, (5)Tahap evaluasi merupakan analisis data terkait uji coba modul yang meliputi analisis hasil tes evaluasi, analisis motivasi, dan analisis angket siswa. Hasil penelitian ini adalah (1)Kualitas isi modul mencapai kriteria valid dengan persentase 79%, kualitas penyajian modul mencapai kriteria valid dengan persentase 80%, kualitas bahasa modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 88%, aspek kontekstual modul mencapai kriteria valid dengan persentase 75%, dan kualitas kegrafikan modul mencapai kriteria valid dengan persentase 77%. (2)Persentase hasil tes peserta didik yang mencapai KKM sebesar 67%, (3) Persentase respon positif peserta didik terhadap modul sebesar 97%, (4) Komentar pada kalimat motivasi menunjukkan adanya indikasi bahwa kalimat motivasi dan inspirasi pada modul mempunyai pengaruh positif terhadap sikap peserta didik. Dari berbagai hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi aljabar untuk SMP/MTs adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci: Modul, Pendekatan Kontekstual, Aljabar, Nilai Sikap, Validasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 01:57 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 01:57 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1783 |
Actions (login required)
View Item |