UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STATISTIKA KELAS XII AKUNTANSI SMK JETIS 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ERNAWATI, LISA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STATISTIKA KELAS XII AKUNTANSI SMK JETIS 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi tentang kurangnya minat siswa pada mata pelajaran matematika yang disebabkan oleh kurang berperannya siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga minat siswa terhadap mata pelajaran matematika kurang dan berdampak pada pencapaian prestasi siswa yang masih dibawah ketuntasan belajar, untuk meningkatkan minat belajar siswa pada penelitian ini diterapkan metode inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XII SMK Jetis Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui metode inkuiri terbimbing . Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Jetis 1 dengan jumlah siswa 21 yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Instrumen dari penelitian ini adalah angket minat . Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XII SMK Jetis 1 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan ditambah membimbing siswa dalam memahami permasalahan yang belum di mengerti. Persentase angket minat belajar pada siklus I sebesar 73,89 % pada siklus II meningkat menjadi 81,08 %, berarti sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan minimal kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII SMK Jetis Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi statistika. Kata Kunci : Metode Inkuiri, Minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:55
Last Modified: 30 Mar 2016 02:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item