PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR

MAKHMUDAH, IMROATUL (2016) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi, sehingga memberikan pengaruh positif bagi siswa. Tetapi, disini tidak semua siswa dapat dengan mudah melaksanakan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 yang akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, maka dari itu siswa mengikuti bimbingan belajar. Semenjak diterapkan kurikulum 2013 ini semakin banyak jumlah anak yang mengikuti bimbingan belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik ingin meneliti tentang pengaruh positif penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh positif penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar, (2) untuk mengetahui besar pengaruh positif penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar. Prosedur penelitian ini adalah menggunakan regresi linear sederhana. Dalam hal ini teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan hasil raport. Untuk memperkuat atau mendukung hasil penelitian, maka dilakukan wawancara kepada beberapa siswa. Penelitian dilakukan di SMP N 2 PONOROGO dengan mengambil kelas VIII dan IX pada tahun ajaran baru. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar. Besar pengaruh tersebut sebesar 37,9% dengan kategori pengaruh kuat. Artinya bahwa penerapan kurikulum 2013 ini secara positif mempunyai pengaruh kuat terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar. Dengan semakin meningkatnya pengaruh positif dari penerapan kurikulum 2013 dan dengan mengikuti bimbingan belajar, maka semakin meningkat pula hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: Kurikulum 2013, Bimbingan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:04
Last Modified: 30 Aug 2023 04:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item View Item