PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR
MAKHMUDAH, IMROATUL (2016) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (892kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Latar belakang penelitian ini adalah
penerapan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang
terintegrasi, sehingga memberikan pengaruh positif bagi siswa. Tetapi, disini tidak semua siswa
dapat dengan mudah melaksanakan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 yang akan
berpengaruh pada hasil belajar siswa, maka dari itu siswa mengikuti bimbingan belajar. Semenjak
diterapkan kurikulum 2013 ini semakin banyak jumlah anak yang mengikuti bimbingan belajar.
Oleh karena itu, peneliti tertarik ingin meneliti tentang pengaruh positif penerapan kurikulum 2013
terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar. Tujuan penelitian
ini adalah (1) untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh positif penerapan kurikulum 2013
terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar, (2) untuk
mengetahui besar pengaruh positif penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar matematika
siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar.
Prosedur penelitian ini adalah menggunakan regresi linear sederhana. Dalam hal ini teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan sampling purposive
yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan yaitu
angket, wawancara, dan hasil raport. Untuk memperkuat atau mendukung hasil penelitian, maka
dilakukan wawancara kepada beberapa siswa. Penelitian dilakukan di SMP N 2 PONOROGO
dengan mengambil kelas VIII dan IX pada tahun ajaran baru.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penerapan kurikulum 2013 terhadap
hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti bimbingan belajar. Besar pengaruh tersebut
sebesar 37,9% dengan kategori pengaruh kuat. Artinya bahwa penerapan kurikulum 2013 ini secara
positif mempunyai pengaruh kuat terhadap hasil belajar matematika siswa SMP yang mengikuti
bimbingan belajar. Dengan semakin meningkatnya pengaruh positif dari penerapan kurikulum
2013 dan dengan mengikuti bimbingan belajar, maka semakin meningkat pula hasil belajar
matematika siswa.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Bimbingan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 03:04 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:28 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |