KHOIRUDDIN, MUH (2016) PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI (Studi Kepustakaan dalam kitab Adab Al-‘Alim wa al-Muta’allim). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Karakter, KH. Hasyim Asy’ari , Kitab Adab al-‘Alim wa al- Muta’allim. Menuntut ilmu atau belajar menurut KH. Hasyim Asy’ari bagi pendidik adalah merupakan ibadah untuk mencari ridha Allah, yang mengantarkan manusia untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Karenanya belajar harus diniatkan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai Islam, bukan hanya untuk sekedar menghilangkan kebodohan. Bagi peserta didik menuntut ilmu seyogyanya suci dari jasmani dan rohani, penyakit hati harus dihilangkan dari jiwanya, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk hal positif dan menghindari hal-hal negatif. Dalam dunia pendidikan banyak sekali terjadi persamaan pendapat dan perbedaan pendapat khususnya dalam hal konsep pendidikan. Dalam pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asy’ari lebih fokus kepada persoalan-persoalan etika dalam mencari dan menyebarkan ilmu. Beliau berpendapat bahwa bagi seorang yang akan mencari ilmu pengetahuan atau menyebarkan ilmu pengetahuan, yang pertama harus ada pada diri mereka adalah semata-mata untuk mencari ridho Allah SWT
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 04:28 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 04:28 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1895 |
Actions (login required)
View Item |