Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa Di Sd Muhammadiyah Terpadu Ronowijayan Tahun Pelajaran 2013/2014

Riyadi, Slamet (2013) Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa Di Sd Muhammadiyah Terpadu Ronowijayan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-slametriya-414-1-abstrak,-a.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter guru dituntut untuk menanamkan nilai-nilai sosial dalam peserta didik. Sehingga diharapkan terjadi perubahan karakter siswa sehingga siswa mempunyai perilaku dan pribadi anak yang baik. Dalam observasi yang peneliti lakukan di kelas V di SD Muhammadiyah Terpadu, proses pendidikan karakter dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan positif di rumah, sekolah, maupun masyarakat yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pendidikan karakter. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendidikan karakter dengan pembiasaan-pembiasaan secara intensif dan berkesinambungan. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi kompenen pengetahuan, kesadaran, atau kemauan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia yang berguna. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara, bersikap, atau dalam menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya. Dan pendidikan karakter dipahami sebagai upaya menanamkan kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesaui dengan nilai-nilai luhur. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada Tanggal 20-29 Juli 2013 di SD Muhammadiyah Terpadu, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V. Pokok bahasan yang digunakan adalah implementasi pendidikan karakter terhadap perilaku siswa di SD Muhammadiyah Terpadu Ronowijayan Kabupaten Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan implementasi pendidikan karakter terhadap perilaku siswa. Berdasarkan hasil pengamatan perilaku siswa selama pembelajaran maupun diluar pembelajaran secara keseluruhan sudah baik. Hal ini berarti bahwa pendidikan karakter berpengaruh terhadap perilaku siswa karena dengan pembiasaan-pembiasaan nilai karakter dilakukan guru secara intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:09
Last Modified: 07 Sep 2016 07:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item