Setiana, Sulis (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN 2 BULU LOR JAMBON PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-sulissetia-317-1-bab1&-k.pdf Download (583kB) | Preview |
Abstract
Realitas yang ada sekarang banyak kita jumpai siswa yang mengeluh tentang kesulitan belajar dalam mengikuti pembelajaran matematika. Kesulitan ini sering kita jumpai pada saat proses belajar mengajar berlangsung, rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya semangat belajar siswa. Salah satu penyebabnya adalah cara penyajian belajar dan suasana pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan. Proses belajar mengajar yang terjadi di kelas V SDN 2 Bulu Lor Jambon Ponorgo. Guru kurang kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pelajaran, dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa sehingga siswa menjadi cepat bosan bahkan terkadang siswa hanya duduk saja, diam dan tidak ada ide/gagasan, sering kali dalam proses pembelajaran adanya kecenderungan siswa tidak mau bertanya pada guru meskipun sebenarnya belum mengerti materi yang diajarkan. Hal ini berakibat pada hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SDN 2 Bulu Lor Jambon Ponorogo tidak mencapai kriteria ketuntasan belajar (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Untuk itu peneliti menerapkaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yaitu model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap kelompok yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak "HORE" atau yel-yel lainnya yang disukai. Kelebihan pembelajaran Course Review Horay antara lain dapat melatih kerja sama dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok, pembelajarannya menarik dan mendorong siswa untuk terjun kedalamnya, tidak monoton karena diselingi sedikit hiburan sehingga suasana tidak menegangkan serta siswa lebih semangat belajar karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan sehingga mampu membantu siswa dalam meraih nilai yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas V SDN 2 Bulu Lor Jambon Ponorogo. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I diperoleh prosentase ketuntasan belajar sebesar 73,08% dan pada siklus II sebesar 80,77%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pengelolaan guru dalam pembelajaran dalam kriteria sangat baik dan respon positif terhadap pembelajaran melalui model pembelajaran Course Review Horay dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 06:18 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 06:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2146 |
Actions (login required)
View Item |