Onggo Haryon, Moch (2013) Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Fiqih Melalui Metode Sort Card di SLB A ‘Aisyiyah Ponorogo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-mochonggoh-245-1-bab1&-k.pdf Download (759kB) | Preview |
Abstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SLBA ‘Aisyiyah Ponorogo kelas VII peneliti melakukan wawancara dengan guru bidang studi pendidikan agama Islam, diperoleh data bahwa pembelajaran yang dilakukan masih terfokus pada guru (teacher center), sehingga siswa cenderung pasif hanya mendengarkan, hal ini akan berefek pada prestasi belajar PAI pada siswa. berdasarkan hal tersebut di atas, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibutuhkan sebuah metode. Metode yang dipakai adalah metode Sort Card atau sortir kartu, ini akan mengajak siswa untuk aktif dan bergerak sehingga tidak mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Sort Card untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agam Islam di kelas VII SLB A ‘Aisyiyah Ponorogo pada tahun pelajaran 2012/2013?, 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar PAI materi Fiqih di SLBA ‘Aisyiyah Ponorogo tahun ajaran 2012/2013 setelah diterapkan metode Sort Card ?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui tahapan 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan refleksi. Tahapan tersebut dilaksanakan dalam 2 siklus. Sedangkan metode yang dipakai adalah metode observasi dan tes. Menggunakan instrument-intrument pembelajaran seperti rencana pelaksananan pembelajaran (RPP), silabus, dan form penilaian ranah afektif, kognitif. Dari hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII setelah proses pembelajaran dengan metode Sort Card (Sortir Kartu). Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pengamatan, penilaian afektif dan rata-rata nilai prestasi belajar pendidikan agama Islam. Silus I, data hasil pengamatan keberhasilan secara keseluruhan 50 %, nilai afektif mencapai 45,8%, dan Rata-rata nilai prestasi mencapai 61,5%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan data observasi menunjukkan pencapaian hingga 75%, ni;lai afektif mencapai 84,37% sedangkan nilai kognitifnya mencapai 96,5%. Dari data tersebut di atas menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Sort Card (Sortir kartu) dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII SLBA ‘Aisyiyah Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 07:39 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 07:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2189 |
Actions (login required)
View Item |