PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DENGAN METODE QUIZ TEAM SISWA KELAS X.I SMA BAKTI PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SUPRAPTI, SUPRAPTI (2012) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DENGAN METODE QUIZ TEAM SISWA KELAS X.I SMA BAKTI PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-suprapti-156-1-abstrak-1.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Matematika sering kali menjadi salah satu pelajaran yang paling ditakuti oleh siswa, termasuk oleh siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo. Hal ini yang menyebabkan nilai siswa pada bidang studi matematika relatif kurang memenuhi standar. Selain itu, kejenuhan juga dirasakan oleh siswa pada materi pelajaran matematika karena siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru tanpa dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Dari observasi yang dilakukan dapat diidentifikasi beberapa masalah yaitu, kurang efektifnya proses pembelajaran karena siswa tidak terlibat secara langsung. Siswa hanya mendengar, mencatat dan menghafal materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu penelitian ini dicoba untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode belajar Quiz Team. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah peningkatan hasil belajar siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode Quiz Team?,Bagaimanakah aktivitas siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode Quiz Team dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran?,Bagaimanakah respon siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode Quiz Team? Dari rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi logika matematika dengan metode Quiz Team siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode Quiz Team dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran. Untuk meningkatkan respon siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika pada materi logika matematika dengan metode Quiz Team. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes, observasi dan angket dengan instrumen berupa soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran, angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan tes hasil belajar, ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 62,5%, dan pada siklus II mencapai 75%, ini membuktikan bahwa Metode Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi logika matematika siswa kelas X.I SMA BAKTI Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran secara keseluruhan, siswa dikatakan belajar aktif memenuhi lebih dari 3 aspek dalam proses pembelajaran matematika dari dua siklus tersebut. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dari dua siklus mendapat predikat baik pada siklus I mencapai rata-rata 3,93, dan pada siklus II mencapai rata-rata 4,40. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan Metode Quiz Team mencapai 73,13% atau dapat dikatakan bahwa siswa tertarik terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan Metode Quiz Team.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:11
Last Modified: 27 Sep 2016 07:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item