APLIKASI PEMBELAJARAN “ANALISA TOKOH–TOKOH WAYANG PURWA SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN ADAT JAWA BERBASIS ANDROID

SUSILONINGTYAS, HERAWATI (2016) APLIKASI PEMBELAJARAN “ANALISA TOKOH–TOKOH WAYANG PURWA SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN ADAT JAWA BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Budaya merupakan sebuah identitas bangsa, budaya daerah merupakan suatu kebudayaan yang berasal dari setiap wilayah yang berbeda – beda, salah satunya Budaya Jawa yaitu wayang Purwa. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, menjadikan generasi muda lebih tertarik kepada mobile phone ketimbang melestarikan kebudayaan yang ada di setiap daerah, ketidak tertarikan generasi muda membuat budaya daerah akan punah. Menilik dari fenomena yang terjadi di era teknologi ini diperlukan adanya suatu aplikasi pembelajaran berbasis mobile phone yang saat ini dikenal sebagai aplikasi android. Metode yang akan digunakan dalam aplikasi pembelajaran ini adalah metode waterfall yaitu berawal dari budaya wayang Purwa yang tidak lagi dikenal oleh masyarakat, penulis mencoba membangun aplikasi dengan tujuan untuk memberikan informasi yang mudah dipahami dan mudah dioperasikan oleh pengguna. Aplikasi pembelajaran dibangun dengan menggunakan adobe flash CS6, hasil akhir aplikasi dapat dijalankan pada mobile phone android dengan minimal Platform Android OS, v4.1 (Jelly Bean). Penerapan aplikasi pembelajaran berasis android dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi yang dapat setiap saat dipergunakan. Berdasarkan implementasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran dapat membantu user untuk mendapatkan informasi yang mudah dipahami kapanpun dan dimanapun. Kata kunci : budaya, waterwall, aplikasi pembelajaran, android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:45
Last Modified: 11 Oct 2016 07:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item