POLA INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO

DAROINI, DAROINI (2016) POLA INTERAKSI EDUKATIF ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
SAMPUL SKRIPSI, PENGESAHAN, PRESETUJUAN s-d DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pola Interaksi Edukatif, Peran Guru, Proses Pembelajaran Penelitian ini adalah berlatar belakang proses pelaksanaan pembelajaran, tentu akan di temukan berbagai kendala yang dapat menghambat keberhasilan proses pembelajaran dalam pendidikan tersebut. Kendala itu bisa dari luar maupun dalam, sebagai contoh dalam proses pembelajaran yang sederhana, interaksi yang terbina antara guru dan peserta didik atau siswa di dalam kelas pada saat proses pembelajaran, biasanya ada beberapa kesalapahaman dalam komunikasi sehingga informasi yang diterima siswa dari guru disaat menjelaskan kurang jelas sehingga tidak sesuai seperti yang di harapkan siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada dasarnya dalam proses pembelajaran gurulah yang menentukan dan menyediakan bahan ajar, metode, strategi, dan media pembelajaran yang akan di gunakan untuk mengajar dan siswa hanya menerima pelayanan dari guru saat proses pembelajaran berlangsung. Maka berangkat dari kejadian diatas, munculah sebuah asumsi bahwa agar proses pendidikan berjalan dengan baik maka perlu diciptakan sebuah pola interaksi edukatif antra guru dan siswa yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana mekanisme implementasi pola interaksi edukatif dalam proses pembelajaran di MI Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ponpes Darul Fikri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, redaksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola interaksi edukatif dalam proses pembelajaran di MI Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo meliputi tiga pola yang digambarkan pada pola segitiga, yang mana pada setiap bagian pola tersebut mempunyai keterkaitan satu sama lain dan bagian-bagian dalam pola tersebut yaitu terdapat guru, siswa, dan obyek belajar. Tiga pola interaksi edukatif tersebut, yaitu pola interaksi edukatif guru dengan siswa, guru dengan obyek belajar, dan siswa dengan obyek belajar. Pola interaksi edukatif ini di munculkan saat kegiatan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 15 Oct 2016 03:20
Last Modified: 15 Oct 2016 03:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item