EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NISWATUR RASYIDAH, KHOLIFATUN (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TEHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran khususnya mata pelajaran Akidah Akhlak. Selain itu, penggunaan fasilitas yang berkaitan dengan teknologi seperti internet dan gadget belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru pengampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa Kelas X di MAN 2 Ponorogo khususnya Jurusan Agama apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas X Agama- 1 dan X Agama-2 MAN 2 Ponorogo. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo masuk dalam kriteria tinggi yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0,085, efektivitas media pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar -0,033 dan peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran E-Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar media pembelajaran konvensional pada materi Akhlakul Karimah kelas X MAN 2 Ponorogo. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:45
Last Modified: 26 Oct 2016 02:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item