IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus Di Griya Qur’an Al Furqon Ponorogo)

PRASETYANI, PIPIN (2016) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus Di Griya Qur’an Al Furqon Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Membaca al-Qur’an Metode Wafa merupakan metode yang membangun sikap dan mengasah keterampilan bagi para calon guru dengan otak kanan, tentang bagimana mengajarkan al-Qur’an yang mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Selain itu, Metode Wafa membekali para guru al-Qur’an untuk membangun sikap positif dan disiplin pada siswa atau santri. Metode Wafa sangat menekankan pada pembelajaran yang berlatar belakangkan menggunakan otak kanan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) gambaran umum membaca al-Qur’an yang ada si Griya Qur’an Al Furqon Ponorogo; 2) proses pembelajaran Metode Wafa dalam membaca al-Qur’an; 3) Implementasi Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dalam bentuk penelitian (Case Study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data reduksi (reduction data), panyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam skripsi ini membuktikan bahwa: 1) gambaran umum membaca al-Qur’an yang ada di Griya Qur’an Al Furqon Ponorogo adalah baik, dimana fokus awalnya yaitu membaca al-Qur’an dengan tartil untuk mengetahui kesalahan saat membaca; 2) Proses pembelajaran Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an yaitu pembelajaran secara klasikal dimana didalamnya menggunakan berbagai teknik-teknik pembelajaran yang berfariasi; 3) Implenentasi Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dapat dikatakan berhasil karena setiap santri mampu membaca al-Qur’an dengan baik berbeda dari awal ketika mereka belum belajar dengan menggunakan Metode Wafa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:01
Last Modified: 28 Oct 2016 03:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item