UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 5 PONOROGO

DRIYANA, MIA (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 5 PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih kurang. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Saat diberikan soal berbentuk soal cerita siswa masih merasa kebingungan untuk memahami maksud dari soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII G di SMP Negeri 5 Ponorogo setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 27 siswa dengan 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan observasi untuk mengamati keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil analisis lembar observasi pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah diperoleh jumlah skor keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 20 atau dalam kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 26 atau dalam kriteria baik. Sehingga keterlaksanan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk siklus pertama, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika pada kriteria cukup (4,4), tetapi belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Siklus kedua, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat menjadi kriteria sangat baik (7,8) dan telah mencapai kriteria yang telah ditentukan. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Ponorogo. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:42
Last Modified: 17 Nov 2016 02:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item