PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 KEC. SOOKO KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ROH HAYATI, NUR (2016) PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 KEC. SOOKO KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII A di SMPN 2 Kec. Sooko setelah dilaksanakan pembelajaran matematika model penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek yang digunakan siswa kelas VIII A SMPN 2 Kec. Sooko tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 9 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pada akhir setiap siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, lembar observasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk siklus I , rata-rata presentase kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 61.78% termasuk pada kriteria cukup, karena belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, maka dilanjutkan ke siklus II yang rata-rata presentasenya mencapai 72.92% termasuk pada kriteria lebih dari cukup. Karena hasil yang diperoleh belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus III dengan rata-rata presentase yang diperoleh mencapai 86.68% dengan kriteria sangat tinggi dan telah mencapai criteria yang ditentukan. Maka penerapan model penemuan terbimbing mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMPN 2 Kec. Sooko. Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:14
Last Modified: 17 Nov 2016 03:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item