PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 KEC. SOOKO KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ROH HAYATI, NUR (2016) PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 KEC. SOOKO KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2. BAB I.pdf Download (48kB) | Preview |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
Preview |
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (20kB) | Preview |
Preview |
Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VIII A di SMPN 2 Kec. Sooko setelah dilaksanakan
pembelajaran matematika model penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek yang digunakan siswa kelas VIII A SMPN
2 Kec. Sooko tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 9 siswa perempuan dan 17
siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes
pada akhir setiap siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa, lembar observasi, dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk siklus I , rata-rata presentase
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 61.78% termasuk pada
kriteria cukup, karena belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan,
maka dilanjutkan ke siklus II yang rata-rata presentasenya mencapai 72.92% termasuk
pada kriteria lebih dari cukup. Karena hasil yang diperoleh belum mencapai indikator
keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus III dengan rata-rata presentase yang diperoleh
mencapai 86.68% dengan kriteria sangat tinggi dan telah mencapai criteria yang
ditentukan. Maka penerapan model penemuan terbimbing mampu meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMPN 2 Kec. Sooko.
Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:14 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:14 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |