PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 KEC. SOOKO KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017



ROH HAYATI, NUR (2016) PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 2 KEC. SOOKO KELAS VIIIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR RUJUKAN.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VIII A di SMPN 2 Kec. Sooko setelah dilaksanakan
pembelajaran matematika model penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek yang digunakan siswa kelas VIII A SMPN
2 Kec. Sooko tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 9 siswa perempuan dan 17
siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes
pada akhir setiap siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa, lembar observasi, dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh untuk siklus I , rata-rata presentase
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 61.78% termasuk pada
kriteria cukup, karena belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan,
maka dilanjutkan ke siklus II yang rata-rata presentasenya mencapai 72.92% termasuk
pada kriteria lebih dari cukup. Karena hasil yang diperoleh belum mencapai indikator
keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus III dengan rata-rata presentase yang diperoleh
mencapai 86.68% dengan kriteria sangat tinggi dan telah mencapai criteria yang
ditentukan. Maka penerapan model penemuan terbimbing mampu meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMPN 2 Kec. Sooko.
Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:14
Last Modified: 17 Nov 2016 03:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item