EKAWATI, TRIANA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN AKTIFITAS SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH 7 SIDOHARJO PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TUTUP BOTOL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (442kB) | Preview |
Abstract
Triana Ekawati. 2014. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Tutup Botol Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Dian Kristiana, M. Pd Kata Kunci : Alat Peraga Tutup Botol, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar Siswa Banyak keluhan dari siswa tentang pelajaran matematika yang sulit, tidak menarik, membosankan dan ditakuti banyak siswa. Serta perhitungan yang rumit dan rumus-rumus yang sulit banyak membuat siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif. Hal ini akan berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran yang melibatkan siswa secara optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang baik. Salah satunya pembelajaran menggunakan alat peraga tutup botol. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo pada materi pengoperasian bilangan bulat menggunakan alat peraga tutup botol; 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas V MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo melalui alat peraga tutup botol dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data diperoleh dari evaluasi tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian (selama siklus satu dan dua) menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa diperoleh persentase ketuntasan mencapai 84%. Aktivitas belajar siswa dikatakan aktif ditunjukkan aspek aktivitas siswa yang telah diamati telah mencapai kriteria baik semua. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan alat peraga tutup botol dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa kelas V MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo. Saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga tutup botol dapat menjadi pertimbangan guru untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 02:38 |
Last Modified: | 16 Apr 2014 02:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |