PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI RUANG SMA DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA

JUPPENNY, RYAN (2016) PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI RUANG SMA DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berpikir visual spasial yang masih rendah yang menyebabkan siswa sulit memahami konsep geometri ruang. Beberapa kesulitan tersebut disebabkan sebagai berikut: (1) penggunaan alat peraga yang kurang menarik bahkan hanya menggunakan papan tulis, dan (2) rendahnya motivasi belajar siswa karena guru tidak menggunakan berbagai strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkuat pemahaman konsep geometri ruang dengan menggunakan GeoGebra 3D. Geometri ruang menuntut daya visualisasi yang tinggi dari siswa, sehingga dibutuhkan kecerdasan visual spasial yang tinggi pula. Pada penelitian ini, digunakan GeoGebra 3D sebagai alat untuk membantu visualisasi bangun-bangun geometri ruang. Tools GeoGebra 2D dan 3D akan dikenalkan terlebih dahulu sebelum menyelesaikan permasalahan geometri ruang, kemudian GeoGebra digunakan untuk memvisualisasikan masalah. Setelah itu, akan diselesaikan menggunakan teori matematika. Penggunan GeoGebra sangat membantu dalam menyelesaikan soal-soal terkait geometri ruang. GeoGebra mampu memberikan visualisasi dengan baik sehingga membantu memudahkan siswa dalam memahami konsep materi geometri ruang. Fitur terbaru GeoGebra yaitu view 3D memungkinkan siswa memutar objek Tahap pemecahan soal-soal terkait geometri, diawali dengan menggambarkan bangun ruang yang dimaksud serta unsur-unsur lain dalam soal. Ambil bidang yang berkaitan dengan soal kemudian diselesaikan menggunakan teori matematika. Kata kunci: Kecerdasan visual spasial, Geometri ruang, GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:07
Last Modified: 17 Nov 2016 04:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item