PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI RUANG SMA DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA
JUPPENNY, RYAN (2016) PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI RUANG SMA DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (818kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Latar belakang penelitian ini
adalah kemampuan berpikir visual spasial yang masih rendah yang menyebabkan siswa
sulit memahami konsep geometri ruang. Beberapa kesulitan tersebut disebabkan sebagai
berikut: (1) penggunaan alat peraga yang kurang menarik bahkan hanya menggunakan
papan tulis, dan (2) rendahnya motivasi belajar siswa karena guru tidak menggunakan
berbagai strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkuat
pemahaman konsep geometri ruang dengan menggunakan GeoGebra 3D.
Geometri ruang menuntut daya visualisasi yang tinggi dari siswa, sehingga
dibutuhkan kecerdasan visual spasial yang tinggi pula. Pada penelitian ini, digunakan
GeoGebra 3D sebagai alat untuk membantu visualisasi bangun-bangun geometri ruang.
Tools GeoGebra 2D dan 3D akan dikenalkan terlebih dahulu sebelum menyelesaikan
permasalahan geometri ruang, kemudian GeoGebra digunakan untuk memvisualisasikan
masalah. Setelah itu, akan diselesaikan menggunakan teori matematika.
Penggunan GeoGebra sangat membantu dalam menyelesaikan soal-soal terkait
geometri ruang. GeoGebra mampu memberikan visualisasi dengan baik sehingga
membantu memudahkan siswa dalam memahami konsep materi geometri ruang. Fitur
terbaru GeoGebra yaitu view 3D memungkinkan siswa memutar objek Tahap
pemecahan soal-soal terkait geometri, diawali dengan menggambarkan bangun ruang
yang dimaksud serta unsur-unsur lain dalam soal. Ambil bidang yang berkaitan dengan
soal kemudian diselesaikan menggunakan teori matematika.
Kata kunci: Kecerdasan visual spasial, Geometri ruang, GeoGebra
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 04:07 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 04:07 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |