EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO

MA’RUFI, MIFTAHUL FIDDUNYA (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMANA DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dari model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental Design dengan desain post-test Control only. Dari sepuluh kelas VII dipilih sampel secara acak dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen. Dari dua kelas yang sudah terpilih secara acak, ditentukanlah kelas VII B sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi soal tes dengan indikator kemampuan penalaran. Teknik analisis data untuk melihat model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dari model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan penalaran matematis siswa digunakan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:58
Last Modified: 06 Jul 2017 02:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item