AFRIANITA, ERVINA (2017) PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH SUKOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (26MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran matematika masih sulit dan membosankan untuk sebagian besar siswa, terlihat dari gejala-gejala ketika guru menanyakan kembali mengenai pembelajaran matematika sebelumnya maka siswa tidak dapat menjawabnya, ketika guru memberi soal yang sedikit berbeda dari contoh soal yang dijelaskan, maka banyak siswa yang tidak bisa menyelesaikannya, dan ketika diberikan tugas-tugas, maka siswa membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakannya. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Falah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi mencakup seluruh seluruh siswa kelas VII MTs Darul Falah. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIA dan kelas VIIB. Selanjutnya diantara kedua kelas tersebutditentukan dengan kelas VIIA diberi perlakuan media permainan ular tangga, kelas VIIB hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah soal pre test dan soal post test. Teknis analisis data yang digunakan untuk melihat keefektifan pembelajaran adalah adalah uji-t. Hipotesis pada penelitian ini adalah pemahaman konsep yang diajar menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t (Independent sample t-test) dengan taraf signifikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 03:01 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 03:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3105 |
Actions (login required)
View Item |