HAMIDA, FADLIA (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS HASANUDDIN MAGETAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbingyang dapat meningkatkan pemahaman konsep, dan (2) mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbingyang dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII A MTs Hasanuddin Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah (1) Guru memberikan apersepsi melalui pengamatan LKS, (2) Guru mengarahkan siswa merumuskan hipotesis, (3) Guru mengarahkan siswa untuk mengumpulkan informasi, (4) Guru mengarahkan siswa untuk membuktikan hipotesis, dan (5) Menarik Kesimpulan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A MTs Hasanuddin Magetan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 24 siswa. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep pada setiap akhir siklus untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa dan observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Hasanuddin Magetanmengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal ini ditunjukkan dengan presentase rata-rata nilai tes pemahaman konsep siklus I adalah 37,1% pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 70,8% pada kategori baik. Nilai rata-rata ini sudah mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 45,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,3%. Sehingga presentase rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 03:08 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 03:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3106 |
Actions (login required)
View Item |