PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BALONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIANAM, ISNU (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BALONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keaktifan siswa, dan (2) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Balong Ponorogo pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 32 anak. Instrumen penelitian terdiri dari RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS), lembar observasi keaktifan siswa, dan soal tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam matematika. Berdasarkan hasil lembar observasi keaktifan diperoleh bahwa persentase keaktifan siswa meningkat dari 54,69% pada siklus I menjadi 82,97% pada siklus II. Sedangkan dari hasil tes siklus diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 71,88 pada siklus I menjadi 80,00 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Badegan Ponorogo. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Keaktifan, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:03
Last Modified: 26 Sep 2017 03:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item