ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES IKLAN AUDIO VISUAL TOKOPEDIA VERSI RAMADHAN DENGAN JUDUL “BERDEDIKASI ATAU BERBAKTI”

KUMARA SARASWATI, ADINDA (2017) ANALISIS SEMIOTIKA MODEL ROLAND BARTHES IKLAN AUDIO VISUAL TOKOPEDIA VERSI RAMADHAN DENGAN JUDUL “BERDEDIKASI ATAU BERBAKTI”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Dalam melakukan kajian ini perlu adanya suatu tujuan yang pasti atau yang dicapai setelah dilakukannya kajian ini, oleh karena itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui Makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos serta pesan dari iklan tokopedia dengan perspektif semiotika model Roland Barthes. Menurut McLeod Pearson (2008 : 59) e-commers adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser Web untuk membeli dan menjual produk. Dengan banyaknya perusahaan e-commerce yang berkembang di Indonesia, Tokopedia sebagai salah satunya memiliki beberapa iklan kreatif yang menjadi cara perusahaan dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat luas. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu: 1. Makna Denotasi . Hal ini secara tidak langsung mengangkat realita kehidupan karyawan media khususnya repoter dan kameramen yang harus selalu bisa bekerja dengan baik dilapangan meskipun terkadang emngalami banyak kendala. 2. Makna Konotasi dalam iklan tersebut yakni Dedikasi kerja yang tinggi juga di gambarkan melalui kegiatan liputan Bagus dan Rama yang sering mengalami kendala namun tetap kompak dan menemukan solusi yang tepat yang dapat menunjang pekerjaan yaitu menggunakan aplikasi Tokopedia sebagai tempat transaksi segala kebutuhan. 3. Makna Mitos dalam iklan tersebut adalah nilai kerja keras dan dedikasi yang ditampilkan setiap scene merupakan hal yang menjadi nilai moral yang masihberlaku dimasyarakat dan dipegang teguh setiap orang yang memiliki tanggung jawab Isi Pesan Dipandang dari sudut Marketing Public Relations Dalam isi pesan Iklan Tokopedia secara jelas menggambarkan kerja keras juga usaha untuk berbakti kepada orang tua, secara tidak langsung memberikan gambaran bahwa perusahaan ingin menampilkan nilai-nilai moral yang dapat dicontoh oleh khalayak sedangkan dalam sudut marketing, Tokopedia selalu ditampilkan dalam setiap scenenya sebagai e-commers yang memberikan solusi transaksi jual beli secara digital yang dapat bermanfaat untuk siapapun dan dimanapun. Sehingga secara tidak langsung perusahaan mendorong masyarakat untuk menggunakan e-commers Tokopedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:49
Last Modified: 02 Oct 2017 02:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3531

Actions (login required)

View Item View Item