IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID PADA ANAK DI MADRASAH DINIYAH MUHAMMADIYAH PIJERAN SIMAN PONOROGO

HUDHA, NURIL (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID PADA ANAK DI MADRASAH DINIYAH MUHAMMADIYAH PIJERAN SIMAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Hudha nuril, 2017. Implementasi Pendidikan Tauhid Pada Anak diMadrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran Siman Ponorogo. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Ponorogo. Pembimbing (I) Katni, M.Pd.I (II) Anip Dwi Syaputro, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, pendidikan, tauhid Tauhid merupakan pondasi awal bagi seorang muslim dalam menapaki hidupnya didunia dan di akhirat. Sudah barang tentu hal ini harus ditanamkan pada diri setiap muslim sejak ia dilahirkan kedunia. Maka dari itu di samping pembelajaran formal. Pendidikan tauhid di madrasah diniyah muhamadiyah pijeran Siman Ponorogo mengupayakan diantaranya melalui sholat awal waktu dan mengaji. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan tauhid Pada Anak Di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran Siman Ponorogo, (2) Untuk mengetahui monitoring dan evaluasi pendidikan tauhid pada anak Di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran, Siman, Ponorogo. Pendekatan yang dilakukan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis, dengan alur reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan verivikasi, serta model berfikir yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan tentang Implementasi pendidikan tauhid di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran dapat ditarik kesimpulan : (1) Implementasi pendidikan tauhid yang diterapkan di Madrasah Diniyah. Muhammadiyah Pijeran. Dengan pembiasaan melantunkan lafald Allah. metode menghafal asmaul husna dengan kinestetik yaitu menghafal dengan gerakan-gerakan tubuh,tangan,kaki,disertai nyanyian kemudian selanjutnya dengan tadabur alam yaitu mengajak santri untuk belajar dialam bebas untuk merenungkan ciptaan-ciptaan Allah Swt. Adapun hasilnya dari kedua metode di atas yaitu perubahan karakter pada santriwan/santriwati, sholatnya menjadi lebih tertib dan santriwan/santriwati semakin meyakini akan keberadaan Allah sehingga semakin bertambah keimanannya. (2) Monitoring dan evaluasi pendidikan di Madrasah Diniyah Muhammadiyah Pijeran monitoring santri dengan memberikan kartu kontrol sholat dan kartu kontrol mengaji untuk mendisiplinkan santri kemudian evaluasi pendidikan tauhid dengan system periodic yaitu uts dan uas dengan menyisipkan materi-materi tauhid di semua pelajaran adapun bentuk evaluasinya bisa berupa ujian tulis maupun ujian lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:13
Last Modified: 02 Oct 2017 03:13
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item