HARIYANTO, AGUS (2017) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MI MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN sisematika pembahasan bentuk tabel dihilangkan.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB II landasan teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (835kB) | Preview |
Abstract
Kepala madrasah MI Muhammadiyah Kota Madiun dalam berupaya meningkatkan kedisiplinan guru adalah dengan cara pembuatan peraturan, adanya kesepakatan prosedur kedisiplinan, memberikan evaluasi, teguran kepada guru yang melanggar, sosialisasi peraturan, pemberian reward, pengadaan fingerprint sebagai absensi guru, dan memberikan keteladanan. Hal ini memberikan dampak positif terhadap aktifitas pembelajaran siswa di sekolah/ madrasah. Beberapa dampak positif itu adalah program masuk pagi untuk menyambut siswa, pendampingan wudhu, shalat, dan dalam mengajar. Hal inilah yang melatar belakangi peniliti untuk meneliti terkait upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MI Muhammadiyah Kota Madiun dan mengetahui bentuk-bentuk peningkatan kedisiplinan para guru terhadap peraturan yang diterapkan oleh Kepala Madrasah MI Muhammadiyah Kota Madiun. Interaksi sosial yag terjadi antara kepala sekolah, guru dan siswa ini menjadikan peneliti berkeinginan untuk menggali informasi tentang upaya kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin guru di MI Muhammadiyah Kota Madiun dengan menggunakan metode Kualitatif. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian; upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MI Muhammadiyah Kota Madiun adalah; 1) pembuatan peraturan; 2) kesepakatan prosedur kedisiplinan sebelum masuk tahun ajaran baru; 3) evaluasi; 4) teguran terhadap guru yang melanggar; 5) sosialisasi peraturan; 6) pemberian reward bagi guru paling disiplin; 7) pengadaan fingerprint sebagai absensi guru; 8) keteladanan pemimpin. Bentuk kedisiplinan guru setelah upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah; 1) para guru berangkat sesuai jadwal piket; 2) guru masuk kelas tepat waktu; 3) disiplin dalam pendampingan wudhu siswa; 4) kedisiplinan guru dalam pengkondisian shalat Dhuha; 5) guru membantu mengkondisikan anak dalam program unggulan (TPA) dan 6) guru mengkondisikan anak dalam apel pagi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 05:50 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 05:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3542 |
Actions (login required)
View Item |