PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

ISNAWATI, YUYUN (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan scaffolding terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII MTsN Sampung Ponorogo yang terdiri dari enam kelas. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIIA terpilih sebagai kelas eksperimen . Kelas VIIIA diberi perlakuan scaffolding dalam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh Scaffolding terhadap representasi matematis siswa ditinjau dari masing-masing variabel terikat adalah uji t. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan scaffolding berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hasil tes menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa sesudah diberi perlakuan scaffolding lebih baik dari pada sebelum diberi perlakuan. Kata Kunci: Scaffolding, kemampuan representasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:16
Last Modified: 10 Oct 2017 03:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item