Profil Guru Madrasah Tsanawiyah dalam Mengimplementasikan (Kajian Perbandingan Antara Madrasah Tsanawiyah Tsanawiyah

Fadli, Taufiq Khaironi (2017) Profil Guru Madrasah Tsanawiyah dalam Mengimplementasikan (Kajian Perbandingan Antara Madrasah Tsanawiyah Tsanawiyah. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
a. HALAMAN DEPAN TESIS.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
c. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (545kB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

ujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemahaman terhadap nilai Ponorogo ; (2) Mengetahui implementasi nilai sekolah bagi guru Madrasah Tsanawiyah implementasi nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah bagi guru Madrasah Tsanawiyah di Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya diperoleh melalui Kepala Sekolah, guru, siswa, dan orang tua murid. Penelitian ini dila Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI Beton dan Madrasah Tsanawiyah Darul Fikri Bringin di Ponorogo. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis Domain dan Taksonomi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1 nilai-nilai agama bagi guru di madrasah baik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI Beton maupun Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul Fikri Bringin di Ponorogo memiliki perbedaan. Nilai nilai agama bagi guru yang meliputi : teladan, pembiasaan, nasehat, perhatian/pengawasan dan hukuman memiliki juga belum terlaksana sepenuhnya di masing-masing lembaga madrasah. Dan pada penelitian ini, madrasah tsanawiyah Pondok Darul fikri dalam pengetahuan dan pema agama bagi guru, paling dominan karena pemahaman dan aplikasinya terlkasana dengan baik. (2). Implementasi nilai Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI Beton maupun Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul Fikri Bringin di Ponorogo juga memiliki perbedaan. Guru di Madrasah Tsanawiyah yang berbasis pondok memiliki implementasi yang lebih dominan. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas Sumber Daya Manusia serta guru yang mengajar pondok pesantren di Ponorogo, sehingga ruh jihad dalam mengajar dan menyampaikan ilmu masih kental terasa dan diaplikasikan dalam kehidupan madrasah. (3). Perbedaan Implementasi nilai baik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI Beton maupun Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul Fikri Bringin di Ponorogo memiliki perbedaan. Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul Fikri Bringin memiliki keunggulan dalam aplikasi nilai Kata Kunci : Profil Guru, Implementasi, Nilai Tsanawiyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 19 Oct 2017 05:00
Last Modified: 19 Oct 2017 05:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item