Profil Guru Madrasah Tsanawiyah dalam Mengimplementasikan (Kajian Perbandingan Antara Madrasah Tsanawiyah Tsanawiyah
Fadli, Taufiq Khaironi (2017) Profil Guru Madrasah Tsanawiyah dalam Mengimplementasikan (Kajian Perbandingan Antara Madrasah Tsanawiyah Tsanawiyah. D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
a. HALAMAN DEPAN TESIS.pdf Download (786kB) | Preview |
Preview |
Text
b. BAB I.pdf Download (497kB) | Preview |
![]() |
Text
c. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
![]() |
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
![]() |
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
![]() |
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
Preview |
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) | Preview |
Preview |
Text
h. LAMPIRAN.pdf Download (545kB) | Preview |
Abstract
ujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui
pemahaman terhadap nilai
Ponorogo ; (2) Mengetahui implementasi nilai
sekolah bagi guru Madrasah Tsanawiyah
implementasi nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah bagi guru Madrasah
Tsanawiyah di Ponorogo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber datanya diperoleh melalui Kepala Sekolah, guru, siswa, dan
orang tua murid. Penelitian ini dila
Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI Beton dan Madrasah Tsanawiyah
Darul Fikri Bringin di Ponorogo. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
analisis Domain dan Taksonomi.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1
nilai-nilai agama bagi guru di madrasah baik di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Jetis, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI Beton maupun Madrasah
Tsanawiyah Pondok Darul Fikri Bringin di Ponorogo memiliki perbedaan. Nilai
nilai agama bagi guru yang meliputi : teladan, pembiasaan, nasehat,
perhatian/pengawasan dan hukuman memiliki juga belum terlaksana sepenuhnya
di masing-masing lembaga madrasah. Dan pada penelitian ini, madrasah
tsanawiyah Pondok Darul fikri dalam pengetahuan dan pema
agama bagi guru, paling dominan karena pemahaman dan aplikasinya terlkasana
dengan baik. (2). Implementasi nilai
Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah VI
Beton maupun Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul Fikri Bringin di Ponorogo
juga memiliki perbedaan. Guru di Madrasah Tsanawiyah yang berbasis pondok
memiliki implementasi yang lebih dominan. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas
Sumber Daya Manusia serta guru yang mengajar
pondok pesantren di Ponorogo, sehingga ruh jihad dalam mengajar dan
menyampaikan ilmu masih kental terasa dan diaplikasikan dalam kehidupan
madrasah. (3). Perbedaan Implementasi nilai
baik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis, Madrasah Tsanawiyah
Muhammadiyah VI Beton maupun Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul Fikri
Bringin di Ponorogo memiliki perbedaan. Madrasah Tsanawiyah Pondok Darul
Fikri Bringin memiliki keunggulan dalam aplikasi nilai
Kata Kunci : Profil Guru, Implementasi, Nilai
Tsanawiyah
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 05:00 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 05:00 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |