PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI JETIS TAHUN AJARAN 2013/2014

WIJAYANTI, IRNA (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI JETIS TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
ISI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img]
Preview
Text
COVER & Hlaman Dpn.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Wijayanti, Irna. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Jetis Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Drs. Jumadi, M.Pd. Kata kunci : Pengaruh, Metode Pembelajaran TAPPS, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Jetis. Selain itu juga untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Jetis yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving). Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Post test Only. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket respon siswa. Tehnik analisis data dengan menggunakan statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan mean post test kelas eksperimen sebesar 80.27 dengan standar deviasi 4.448 yang berarti lebih baik dari mean kelas kontrol sebesar 69.47 dengan standar deviasi 5.303, dan nilai sig 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa diterima dan , yaitu prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Hasil angket respon siswa terhadap metode pembelajaran TAPPS sebesar 80.8 % menunjukkan bahwa siswa menerima metode tersebut dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan metode pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Jetis dan dari persentase angket respon yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa menerima metode pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) ini dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 22 Apr 2014 01:43
Last Modified: 22 Apr 2014 01:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item