PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

PERMATA DEWI, ENGGAR TRI (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo karena kecerdasan emosional merupakan sebuah materi yang belum dikembangkan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Apalagi mahasiswa masih memiliki kepercayaan diri yang belum stabil. Sehingga hasilnya belum maksimal dalam proses pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa prodi akuntansi angkatan tahun 2013 yang masih aktif per September 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling jenuh. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 106 responden dari beberapa mahasiswa. Jawaban responden akan diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS 16.0. Uji data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh negatif signifikan tehadap tingkat pemahaman akuntansi, hal ini dikarenakan mahasiswa malas mencoba lagi saat mengalami kegagalan dan persaingan mengurangi semangat dalam belajar mahasiswa. Hubungan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi diperkuat oleh kepercayaan diri sebagai variabel moderating, hal ini dikarenakan dengan mahasiswa yang semula malas dalam belajar akan meningkatkan semangatnya dengan belajar giat untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pemahaman mereka tentang akuntansi. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 19 Mar 2018 05:54
Last Modified: 19 Mar 2018 05:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item