PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

HADI PRANOTO, ENDRO SULISTYO (2018) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran IBL dan PBL terhadap prestasi belajar, (2) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar, dan (3) mengetahui adanya suatu interakasi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi yang diambil dari siswa SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo yang dibagi menjadi 2 kelompok yang akan diberikan perlakuan dua model pembelajaran yang berbeda. Untuk kelompok 1 diberi perlakuan dengan model pembelajaran inquiry based learning dan kelompok 2 diberi perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes prestasi dengan 25 butir soal dan angket motivasi dengan 30 butir soal. Teknik analisis data penelitian yang dipergunakan untuk menganalisa keefektifan model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar digunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi 5%, siswa yang memiliki motivasi tinggi prestasi belajarnya lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi rendah. Sedangkan dalam model pembelajaran, baik itu IBL maupun PBL tidak terlalu signifikan dalam perbedaan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Jadi keduanya dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran. Dan untuk motivasi dan model pembelajaran tidak memiliki interaksi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, karena dalam motivasi dapat muncul pada diri siswa baik dari internal maupun eksternal. Kata Kunci: Inquiri Based Learning, Problem Based Learning, Prestasi, Motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:17
Last Modified: 19 Apr 2018 06:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item