NURROHKHIM, NURROHKHIM (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN ADAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) TAHFIZH AL FURQON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (990kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (233kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurrohkhim. 2018. Penerapan Pendidikan Adab di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiya Ponorogo. Pembimbing (I) Katni, M,Pd.I (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata kunci: Pendidikan, Adab, Madrasah Ibtidaiyah Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki peran penting untuk memajukan generasi penerus bangsa. Melalui pendidikan diharapkan para generasi penerus ini mampu memberikan kontribusi nyata untuk bangsa ini. Sesuai dengan ayat ke dua pancasila “kemanusiaan yang adil dan beradab”, maka sistem pendidikan harus diarahkan demi tercapainya tujuan mulia tersebut yaitu adil dan beradab. Mundurnya moral bangsa ini disebabkan kurangnya adab. Adab harusnya menjadi solusi pendidikan bangsa ini. Melalui Adab salah satu lembaga pendidikan swasta MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo ingin mengembalikan para generasi penerus ini menjadi generasi yang beradab. MI tersebut menjadikan adab sebagai materi utama dalam kurikulum yang dipadukan dengan materi tahfizh dan materi umum dari Kementrian Agama (Kemenag). Tujuan dari penelitian yang dilakukan di MI Tahfizh Al Furqon ini adalah untuk mengetahui bagaimana peroses penerapan pendidikan adab di MI Tahfizh Alfurqon tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik analisis datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang diambil dari objek yang ada di MI Tahfizh Al Furqon Ponorogo. Adapun objek penelitian ini melibatkan kepala madrasah, staf guru dan tenaga kependidikan, serta perserta didik yang ada di sana. Hasil dari penelitian ini adalah proses penerapan adab melalui tiga aspek, pertama, aspek kurikulum, dimana materi adab disusun dan dipadukan dengan materi tahfizh serta materi umum dari kemenag. Kedua, aspek guru, dimana guru harus sesuai dengan standar madrasah dan wajib mengikuti kegiatan pengembangan SDM dan pelatihan profesionalisme guru. Ketiga, aspek siswa, yang mana siswa mendapat materi adab dengan pengawasan penuh dari guru maupun orang tua melalui kegiatan “Bina Kelas” dan “Buku Penghubung” siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:52 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 06:52 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4186 |
Actions (login required)
View Item |