ZULLYNAR, RIFCHA WAHYU WIDIANA (2018) ANALISIS PENERAPAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (455kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis teknik brainstorming terhadap peningkatan keberanian berpendapat siswa. (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa melalui teknik brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Ponorogo. Dari sepuluh kelas, diambil kelas VIII F sebagai sampel. Pemilihan sampel ini dipertimbangkan dari segi kognitif baik, tetapi keberanian berpendapatnya masih rendah. Teknik analisis data untuk menentukan ketercapaian teknik brainstorming ditinjau dari hasil observasi guru, observasi siswa dan pemahaman siswa. Sedangkan untuk menganalisis peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis ditinjau dari aspek sikap berdasarkan kuesioner dan indikator berdasarkan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian teknik brainstorming mencapai kriteria baik sekali, yaitu 82,63%. Hal ini menunjukkan bahwa keberanian siswa berpendapat juga meningkat. Selain itu, teknik brainstorming juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa berdasarkan aspek sikap dan indikator yang ada. Aspek sikap kemampuan berpikir kreatif yang meningkat adalah kebebasan berpendapat, sikap imajinatif, rasa ingin tahu dan sikap mengajukan pertanyaan yang relevan, sedangkan aspek lainnya belum ada peningkatan. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang meningkatkan adalah orisinalitas gagasan, kelancaran dan elaborasi, sedangkan indikator lainnya belum ada peningkatan. Aspek sikap kemampuan berpikir kritis yang meningkat adalah kejelasan, relevan, logis, dan detail/lengkap, sedangkan aspek lainnya belum ada peningkatan. Indikator kemampuan berpikir kritis yang meningkatkan adalah mengidentifikasi data relevan dan tidak relevan suatu permasalahan, mengidentifikasi asumsi dan menyusun penyelesaian permasalahan disertai alasan, sedangkan indikator lainnya belum ada peningkatan. Kata Kunci: Teknik Brainstorming, Berpikir kreatif, Berpikir kritis, Keberanian siswa berpendapat.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:53 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4308 |
Actions (login required)
View Item |